Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau Bergizi


Loading...

Pada artikel ini saya akan memberikan tips mengenai cara membuat es lilin kacang hijau yang enak dan empuk. Sebelumnya pasti tentunya sudah pada tau tentang es lilin. Ya, es lilin merupakan jajanan yang banyak digemari anak-anak karena harganya yang relative murah dan tentunya enak. Es lilin ini bisa dikatakan salah satu jajanan es legendaris di Indonesia, karena saya yakin anda yang saat ini membaca artikel ini pasti pernah mencicipi es legendaris ini ketika anda masih duduk di bangku sekolah dasar. Es lilin dari jaman dahulu memang banyak dijajakan di sekolah-sekolah SD dengan berbagai macam rasa dan warna, dan dikemas menyerupai lilin dengan tujuan agar mudah dikonsumsi.

Hingga saat ini es lilin masih sangat mudah ditemukan di daerah sekitar kita. Namun sayangnya es lilin yang dijajakan saat ini banyak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti zat pewarna sintetis yang berbahaya jika dikonsumsi. namun buat anda penggemar es lilin jangan khawatir, karena saya bakal kasih tips tentang bagai mana cara membuat es lilin kacang hijau yang enak dan empuk serta alami.

cara membuat es lilin

Bahan-bahan Membuat Es Lilin :
  • 250 gram kacang hijau (rendam hingga mengembang)
  • 500 gram gula pasir
  • 1,5 liter air matang
  • 3 lembar daun pandan                     
  • 500 ml santan kental                    
  • 50 buah plastik es lilin                      
  • karet gelang secukupnya

Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau Bergizi :
  1. Rebus kacang hijau hingga empuk, setelah itu tiriskan.
  2. Rebus gula pasir dan air hingga mendidih
  3. Tambahkan daun pandan dan santan kental dalam air
  4. Masak dengan api kecil, sambil diaduk perlahan hingga matang, setelah itu Angkat dan dinginkan.
  5. Masukan 1 sdt kacang hijau yang telah direbus kedalam plastic es lilin, tambahkan rebusan air gula yang telah dimasak sebanyak 40 ml. setelah itu ikat dengan karet gelang kuat-kuat.
  6. Ulangi langkah no. 5 hingga bahan habis
  7. Masukan semua kantong es yang telah terisi bahan-bahan tersebut kedalam freezer.
  8. Diamkan hingga beku selama kurang lebih 5-8 jam.
  9. Es lilin siap dikonsumsi setelah beku sempurna.


Bagaimana mudah bukan? Oh ya ada satu hal yang perlu diingat, saat ini banyak penjual es lilin nakal yang membuat es lilin berbahan air mentah, tentunya sangat berbahaya jika di konsumsi karena bakteri tidak akan mati dalam suhu ruang freezer, untuk itu bagi anda penggemar es lilin harus bisa membedakan mana es lilin yang terbuat dari air mentah dan air matang, untuk membedakannya sangatlah mudah, es lilin yang terbuat dari air matang teksturnya lebih lembut dan empuk, ketika diambil dari freezer tidak lebih dari 2 menit sudah mudah digigit karena empuk, sedangkan yang terbuat dari air mentah akan keras dalam waktu yang lama teksturnya pun lebih kasar. Ya, itu tadi tips cara membuat es lilin kacang hijau dari saya, semoga bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

Artikel Terkait