Resep Daging Sapi Teriyaki Spesial Idul Adha


Loading...

Selain daging kambing, hari raya idul adha juga identik dengan pembagian daging sapi dari musholla maupun masjid terdekat. Bagi sobat yang memang kebetulan mendapatkan jatah pembagian daging sapi dan bosan dengan masakan daging sapi yang itu – itu saja. Resep Daging Sapi Teriyaki kali ini akan memberikan nuansa masakan daging sapi anda berbeda.

Bagi sobat yang belum tahu, resep daging sapi teriyaki ini sebenarnya bersal dari salah satu restaurant jepang yang terkenal, hokben menjadikan resep ini menjadi salah satu menu andalannya. Rasanya yang manis lezat dengan bumbu daging teriyaki yang sederhana ternyata dapat menghasilkan citarasa yang luar biasa nikmat.

Meskipun Resep Daging Sapi Teriyaki ini menggunakan bumbu yang dibilang sederhamam dan tidak menggunakan banyak bumbu – bumbu rempah seperti yang digunakan dalam masakan daging sapi lainnya. Tetapi cita rasa masakan ini benar – benar enak dan lezat untuk dinikmati bersama sepiring nasi putih hangat.

Seperti juga masakan indonesia yang berbahan dasar daging, daging sapi yang diigunakan sebenarnya tidak perlu dicuci terlebih dahulu supaya tekstur daging sapi yang berserat tidak rusak dan rasanya tetap empuk.


Cukup direbus saja hingga kotoran yang muncul dibuang lalu diangkat dan diganti dengan air bersih. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini:

Bahan – bahan yang digunakan:
  • 1 kg daging sapi
  • 5 sendok makan kecap kental manis
  • 1 sendok teh lada hitam bubuk
  • 3 butir kemiri
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 4 siung bawang putih
  • 1 butir bawang bombay
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Cara mengolah daging sapi teriyaki:
  1. Agar lebih empuk tusuk daging menggunakan garpu sebelum direbus. Kemudian rebuslah daging sapi dengan menggunakan air secukupnya hingga daging empuk dan setengah matang. Kemudian potong dagu atau pun sesuai selera anda. Sisihkan daging.
  2. Panaskan minyak diatas wajan jika tidak ingin mengurangi penggunaan minyak anda dapat menggantinya dengan margarin.
  3. Tumis bawang bombay yang sudah diiris sebelumnya dan juga bawang putih. Tumis hingga mengeluarkan bau harum.
  4. Kemudian masukkan daging sapi yang sudah di potong – potong. Masak sampai daging matang sampil terus di aduk – aduk.
  5. Masukkan saos tiram, kecap, garam, dan juga lada hitam secukupnya. Aduk hingga tercampur rata dan bumbu meresap.
  6. Setelah daging berubah warna dan matang angkat lalu sajikan diatas piring saji.

Jika melihat dari tampilannya, menu daging sapi teriyaki memang terkesan maha dan mewah. Padahal sebenarnya bumbu yang digunakan dan cara membuatnya sangat sederhana dan mudah bangat kan.

Yang perlu diingat meskipun kandungan lemak dan kolestrol daging sapi lebih sedikit, tetap saja buat sobat yang menderita hipertensi, kolestrol maupun obesitas sebaiknya tidak mengonsumsi daging sapi ini.

Demikianlah Resep Daging Sapi Teriyaki yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait