Resep Brownies Kukus Keju Coklat


Loading...

Apakah anda termasuk penggemar keju coklat? Emm.. Apa mau membuat kue dengan perpaduan antara keju dan coklat? Oke, tapi sebelumnya sobat harus tahu terlebih dahulu yang jika brownies kukus keju coklat merupakan kue yang yang terbuat dari bahan dasar terigu. 

Seperti namanya kita akan membuat kue keju coklat dengan cara pengukusunan jadi sobat gak perlu menyiapkan oven.Resep brownies kukus ini tidak menggunakan bahan pengembang layaknya cake, maka dari itu brownies sering kali disebut sebagai plesetan kue bantat. 

Dan, pada mulanya kue ini diciptakan dari ketidak sengajaan seorang chef yang hendak membuat kue. Dari kegagalan tersebut lah chef menyadari bahwa kue buatannya mempunyai rasa yang enak dan memiliki tekstur lembut serta rasa yang khas, dan tanpa sengaja tercipta lah variasi kue baru yaitu brownies.

sebenarnya membuat brownies kukus itu gampang – gampang susah jika kita tidak tahu ilmu dan bagaimana cara membuatnya. Oleh karena itu, simak bahan – bahan dan cara membuatnya menggunakan Resep Brownies Kukus Keju Coklat.


Bahan – bahan untuk Resep Brownies Kukus Keju Coklat:
  • 100 gr tergu protein sedang
  • 100 gr margarin, yang di cairkan
  • 100 gr gula pasir
  • 180 gr dark cooking chocolate, yang di lelehkan
  • 3 butir telur ayam
  • Parutan keju sebagai toping

Cara membuat brownies kukus keju coklat:
  1. Langakah pertama yang harus sobat lakukan adalah mengocok telur dengan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan kaku.
  2. Masukka terigu, aduk menggunakan spatula hingga adonan tercampur rata. Aduk pelan – pelan saja agar adonan telur dan gula tidak kempes.
  3. Kemudian masukkan margarin yang sudah dicairkan, aduk hingga rata. Bagi dua adonan, satu untuk lapisan coklat dan satu untuk lapisan putih.
  4. Tuangkan coklat mask yang telah dilelehkan kedalam satu bagian adonan untuk membuat lapisan coklat.
  5. Siapkan loyang yang berukuran 24 x 12 x 4 cm, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan margarin terlebih dahulu. Tuang adonan coklat kedalam loyang dan ratakan.
  6. Kukus lapisan coklat selama kurang lebih 20 menit setelah itu angakat.
  7. Tuangkan adonan putih diatas lapisan coklat dan kukus lagi hingga matang. Untuk memastikan sudah matang atau belum, ambil lidi dan tusukkan ke dalam brownies, jika sudah kaku maka tandanya matang.
  8. Angkat brownies dan keluarkan dari cetakan, olesi permukaan dengan margarin dan beri toping yang berupa parutan keju.
  9. Sajikan hangat – hangat dengen segelas kopi atau teh untuk teman bersantai.

Mudah bukan? Resep Brownies Kukus Keju Coklat juga dapat sobat kreasikan dengan missal saja memberikan mesis, butter criem untuk topingnya. Anda juga dapat memvariasikan menjadi beberapa lapisan sesuai selera.

Artikel Terkait