Tips Membuat Resep Bolu Kukus Mekar dan Lembut


Loading...

Bolu kukus yang mekar memang mempuyai bentuk yang mmenarik Karena bisa mekar dan warnanya yang dapat di warna warnai. Sehingga kue ini menjadi kue atau bolu tradisional Indonesia yang masih digemari semua kalangan.

Namun, kebanyakan oran hanya terpaku dengan bentuk dan rasanya saja yang enak tanpa ingin mengetahui bagamimana cara dan proses pembuatan bolu kukus ini.

Sehingga sebagian dari remaja saat ini banyak yang melupakan bahkan tak peduli dengan cara membuat bolu kukus. Untuk itu kami hadir untuk memberikan sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara membuat bolu kukus mekar dan lembut.

Resep bolu kukus mekar dan lembut sangat sederhana sehingga mudah di praktekan di rumah. Karena sebenarnya resep bolu kukus ini hampir sama dengan resep bolu kukus pelangi pada umumnya.

Biasanya anda dapat dengan mudah menemukan bolu kukus pada acara – acara tertentu seperti pada acara arisan, ulang tahun dan acara – acara yang lainnya.

Nah untuk itulah mari simak resep bolu kukus mekar dan lembut untuk sekedar mencoba membuat bolu kukus Karena bolu ini pun nikmat disantap sehari hari untuk mengganjal perut yang lapar.

Tips Membuat Resep Bolu Kukus Mekar dan Lembut

Bahan – bahan Membuat Bolu Kukus Mekar dan Lembut
  • 275 gr tepung terigu
  • 200 gr gula pasir
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh vanili
  • 2 sendok teh emulsifier
  • Pewarna makanan secukupnya (2 warna berbeda)
  • 225 ml soda tawar
  • 2 butir telur

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar dan Lembut
  1. Siapkan wadah dengan ukuran sedang, lau masukkan gula pasir, telur, dan emulsifier, kocock semua bahan yang telah di campur hingga kaku
  2. Setelah itu, ayak tepung terigu dan emulsifier menggunakan saringan agar lebih mudah. Lakukan secara bergantian
  3. Campurkan dengan soda tawar lalu kocok secara perlahan dan masukkan esens vanili, kemudian aduk lagi hingga semua adonan tercampur merata
  4. Selanjutnya adalah membagi adonan menjadi 3 bagian, untuk 2 bagian silahkan memberikan pewarna makan sesuai selera yang anda inginkan. Sisihkan satu bagian tanpa pewarna
  5. Setelah itu, siapkan cetakan yang sebelumnya sudah dialasi dengan kertas roti. Tuang kan adonan tanpa pewarna telebih dahulu.
  6. Selanjutnya pada bagian atas berikan adoanan dengan 2 pewarna makanan. Berikan variasi agar lebih cantik dan menarik.
  7. Kemudian siapkan kukusan, adoanan yang telah anda buat saat ini saiap untuk dikukus dan tunggu hingga benar – benar matang.
  8. Angkat dan sajikan
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Kue yang lainnya
Tips: agar matang nya menjadi lebih bagus, maka gunakkanlah cetakan yang berbahan dasar alumunium. Mengapa demikian? Karen dengan cetakan alumunium panasnya akan merata sehingga kukusan bolu pun menjadi cantik.

Saat proses pengkusan jangan membuka tutup kukusan jika belum sepenuhnya matang. Pengkusan hanya memerlukan waktu yang tidak lama. Cukup sekitar 10 menit saja

Itulah resep bolu kukus mekar dan lembut semoga yang kami poting hari ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba dan berkreasi di rumah. Kami doakan bolu yang anda buat di rumah sukses dan menghasilkan rasa yang sangat nikmat.

Artikel Terkait