Cara Membuat Pisang Molen yang Menggugah Selera


Loading...


Banyak sekali kuliner yang bahan dasarnya dari pisang, diantaranya, kolak pisang,kripik pisang bahkan sekarang sudah ada es pisang, semakin banyaknya masyarakat yang kreatif dalam menyajikan pisang kedalam bentuk kuliner apapun menjadikan makanan tradisional yang terbuat dari pisang kini sudah banyak yang tidak tertarik untuk membuatnya, misalnya pisang molen, pisang molen sebenarnya menjadi kuliner favorit bagi orang-orang yang sangat menggemarinya.pisang molen ini termasuk makanan yang sering kita jumpai di pasar-pasar ataupun di pinggir-pinggir jalan.

Pisang molen berbahan dasar pisang dan kulit yang terbuat dari adonan terigu mentega dan gula. Pisang molen harganya lumayan terjangkau. sebenarnya cara membuat pisang molen sangatlah mudah, namun kebanyakan masyarakat sudah sering menjumpai makanan ini di pasar-pasar tradisiona sehingga mengakibatkan banyak yang yang belum tahu cara membuat pisang molen, sebelum membuat pisang molen sebaiknya anda terlebih dahulu menyiapkan pisang yang akan dibuat sebagai pisang molen, pisang yang sering digunakan untuk membuat pisang molen yaitu pisang raja,pisang sobo dan pisa-pisang lain yang texturnya tidak terlalu lembek.

Karena jika pisang terlalu lembek maka ketika pisang tersebut di goreng akan terlihat tidak bagus. Sebenarnya pisang molen ini hampir mirip dengan pisang goreng karena cara membuatnya yaitu pisang digulung dengan adonan kulit dari terigu lalu digoreng menggunakan minyak goreng.

cara membuat pisang molen


Untuk lebih lengkapnya simak baik-baik Berikut ini merupakan cara membuat pisang molen
bahan-bahan untuk kulit :

  • tepung terigu protein tinggi 250 gram
  • gula tepung/bubuk gula/gula halus 65 gram
  • baking powder (pengembang makanan) 1 sendok teh
  • margarine 65 gram
  • telur 1 butir dikocok lepas 
  • air es 1 sendok makan
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan Isi Pisang Molen :
  • buah pisang raja, dipotong sesuai selera.

Cara Membuat Pisang Molen Manis Gurih :
  1. Ayak  , gula tepung, tepung terigu dan baking powder ke dalam satu wadah.
  2. Masukkan telur dan margarin. Kemudian kocok sampai mengental. 
  3. Kemudian Tambahkan air es, uleni sampai rata, lalu diamkan kurang lebih 15 menit.
  4. Giling adonan kulit dengan gilingan mie atau gilingan molen dari ketebalan paling besar, Tiap ukuran lakukan penggilingan 2-3 kali.jika tidak punya alat khusus silahkan anda gunakan botol untuk membuat adonan klit pisang molen
  5. Potong pisang dan kulit yang sudah digiling dengan lebar kira-kira 1-1,5 cm memanjang.
  6. Lilitkan sampai adonan kulit menyelimuti seluruh permukaan pisang.
  7. Lakukan sampai adonan dan pisang habis.
  8. Goreng kedalam minyak yang panas di atas api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang.

Informasi tambahan :

Jika ingin kulit pisang molen lebih renyah dan gurih, bisa dengan menambahkan  penggunaan telur dalam adonan kulit pisang molen.
Pisang yang digunakan bisa  pisang raja, pisang uli, pisang madu, sesuai selera anda.
Gunakan minyak bersih atau minyak baru untuk menggoreng, agar rasa dan aroma dari pisang molen lebih original, enak dan tidak bercampur dengan aroma dan rasa makanan lain.

Bagaimana? Mudahkan cara membuat pisang molen, lumayan kan jika anda sudah bisa membuat pisang molen. Siapa tahu anda bisa mempunyai usaha jual pisang molen siapa tau juga jika kesuksesan anda berawal dari pisang molen,, untuk lebih menariknya lagi ketika menyajikan pisang molen dengan parutan keju atau disiram dengan lelehan coklat ataupun selai-selai yang lain. Nah jika disajikan seperti itu pasti anak-anak sangat tertarik untuk mencobanya. Sekian dulu resep cara membuat pisang molen dari saya, semoga bermanfaat buat anda. Amin.


Artikel Terkait