Resep Brownies Kukus Kentang


Loading...

Kue brownies kali ini memiliki tekstur yang lembut dan juga empuk, rasanya yang manis dengan perpaduan gurih antara brownies coklat yang manis dengan kentang dan juga keju. Dalam resep brownies kukus kentang kami tambahkan keju cheedar atau keju parut yang sesuai selera anda. Keju ini di gunakan sebagi campuran bahan brownies. 

Olahan brownies kali ini memang special karena memiliki 2 rasa yang berbeda dalam satu tumpuk brownies. Sebenarnya resep brownis kukus kentang ini merupakan kreasi brownies coklat yang sama pada umumnya. Namun saja kita kreasikan dengan perpaduan kentang dan keju. 

Untuk adonan vanilla kita menggunakan lumatan kentang bersama mentega cair dan keju parut yang di beri susu kental manis vanilla. Sementara untuk adonan coklat nya kita berikan susu kental manis coklat dan coklat bubuk yang rasanya hmm manis banget. 

Untuk proses pembuatannya tak usah repot memakai mixer dan oven. Cupuk dengan cara di kukus diatas dandang atau panci kukus saja yang berisi air mendidih. Sementara untuk mengaduknya kita cukup menggunakan whisk atau garpu saja, simple kan? No oven no mixer lho !! 

Jadi cocok banget buat anda yang tidak memiliki oven dan mixer namun ingin praktek membuat kue. Oke, langsung saja simak bahan – bahan dan cara membuat resep brownies kukus kentang:



Bahan – bahan yang di perlukan:
  • 250 gr kentang
  • 100 gr terigu
  • 50 gr mentega ( cairkan )
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sdm sp
  • 1 bungkus vanili
  • 2 sachet susu kental manis ( vanilla dan coklat )
  • Keju cheddar atau keju parut
  • 3 sdm coklat bubuk


Cara membuat brownies kukus kentang:
  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengukus kentang hingga empuk dan matang, selagi masih panas haluskan atau lumatkan hingga halus. Dinginkan.
  2. Selanjutnya, kocok telur tambahkan gula pasir, sp dan vanili sampai mengembang dan berbuih. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga rata.
  3. Setelah itu, berikan adonan kentang yang sudah di lumatkan tadi lalu tambahkan mentega cair dan parutan keju sambil di aduk perlahan hingga adonan rata.
  4. Kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian, yang pertama beri susu kental manis vanilla dan adonan kedua berikan susu kental manis coklat dan masukkan juga coklat bubuk.
  5. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega, lalu tuangkan adonan vanilla ke loyang lalu kukus 10 menit di atas dandang. Gunakan api sedang saja. Setelah itu masukan adonan coklat, kukus selama 30 menit atau hingga brownies matang.
  6. Untuk mengetahui apakahan brownies sudah matang, silahkan tes menggunakan lidi yang ditusukan ke dalam brownies. Bila tidak ada adonan yang menempel berarti brownies sudah matang.
  7. Bila sudah matang, angkat dan tambahkan parutan keju di atas browies yang sudah matang agar semakin hemmm.. Lezaaat.
  8. Lebih nikmati juga jika dinikmati dengan secangkir kopi hangat.
  9. Jangan lupa pastikan saat mengukus brownis gunakan air yang mendidih dan berikan kein bersih yang di letakan di atas tutup panci. Hal ini bertujuan agar menyerap tetesan uap air saat proses pengukusan.


Demikian lah resep brownies kukus kentang yang dapat anda praktikan sendiri dirumah

Artikel Terkait