Resep Makanan Inggris Braise Sauce

Resep makanan ingris braise sauce tentu saja menjadi makanan yang sudah familiar untuk kalangan orang inggris. Namun kita sebagai orang Indonesia bisa juga mencicipi makanan asli ingris ini.

Makanan ini tergolong makanan sehat karena terbuat dari bahan bahan dasar sayuran yang tentu saja kita ketahui bahwa sayuran merupakan makanan yang kaya akan gizi.

Biasanya jika ingin menikmati hidangan eropa ini, kita harus pergi ke restoran dan memesannya. Mungkin hal itulah yang membuat kita malas untuk menikmati makanan ini.

Namun kali ini postingan kami tentang resep makanan ingris braise sauce semoga dapat membantu anda untuk menikmati makanan ini di rumah bersama keluarga.

Resep di bawah ini merupakan resep braise sauce asli dari inggris, sehingga makanan yang anda buat pastinya tak kalah enak dengan makanan – makanan yang ada di restaurant.

Simak penjelasannya di bawah ini yaa…

Resep Makanan Inggris Braise Sauce

Bahan Membuat Braise Sauce
  • 50 gram Bawang bombai
  • 50 gram Wortel
  • 2 sdm pasta tomat
  • 50 gram Seledri
  • 50 gram Bawang pre (daun bawang)
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Merica
  • 1 sdm Butter
  • Tulang dan kaldu sapi

Cara Membuat Braise Sauce
  1. Siapkan semua alat dan juga bahan yang ingin anda gunakan untuk memasak
  2. Potong wortel kotak – kotak atau bisa sesuai selera
  3. Setelah itu, tumis wortel dan butter hingga bahan tersebut berwarna kecokelatan
  4. Kemudian masukkan bawang pre (daun bawang), bawang bombai, dan seledri yang telah di potong potong sebelumnya. Tumis bawang pre (daun bawang), bawang bombai, dan seledri hingga semuan bahan tercampur merata dan berbau harum
  5. Jangan lupa untuk memasukkan pasta tomat sedikit demi sedikit, kemudian aduk hingga tercampur rata.
  6. Tuangkan kaldu sapi serta tulang yang sudah dipanggang (roasted) sebelumnya
  7. Biarkan semua bahan yang sudah tercampur diatas kompor dengan api sedang, hingga bahan ini benar – benar matang.
  8. Setelah dirasa matang, jangan lupa untuk tes rasa (jika ada bumbu yang kurang bisa di tambhkan).
  9. Angkat dan sajikan.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Masakan yang lainnya
Resep makanan ingin sangat lah nikmat jika disandingkan dengan sepiring nasi putih hangat.

Cukup mudah bukan proses pembuatan makanan eropa ini? Tak perlu melulu pergi ke restoran untuk menikmati makanan ini, di rumah pun bisa..

Yah, Braise Sauce memang merupakan salah satu jenis makanan yang tidak begitu sulit untuk cara memasaknya kok.

Bagi anda yang sedang berlatih memasak pun dapat menggunakan resep ini sebagai praktek memasak di rumah.

Jadi, teman – teman yang ingin mencicipi dan menikmati makanan ini dapat mengikuti resep makanan ingris braise sauce diatas ya..

Apalagi jika anda sudah mahir memasak, dapat mengembangkan dan mengkreasikan makanan ini. Jadi bisa deh membuka restaurant dan rumah makan ala – ala  eropa giti, hehe Aminn yaa..

Semoga postingan kami hari ini dapat bermanfaat, selamat mencoba..

Resep Tumis Kangkung Kaya Nutrisi untuk Tubuh

Kangkung adalah jenis tumbuhan yang tergolong kedalam jenis sayur sayuran. Banyak sekali petani yang menanam kangkung untuk menambah penghsailannya dan di jual ke pasar pasar.

Pananaman kangkung juga tergolong mudah, oleh Karena itulah banyak orang yang membudidayakan kangkung.

Selain itu, ternyata kangkung sangat kaya akan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Apa saja sih gizinya? Sebagian dari gizinya adalah kaya akan zat besi. Zat besi sendiri adalah zat yang sangat penting untuk tubuh kita, peranan nya dalam membentuk sel darah merah sangatlah vital.

Nah, bagi teman teman yang menganggap remeh kangkung itu seharusnya pola pikirnya di ubah ya.

Meskipun makanan murah namun kangkung ini mengandung banyak sekali manfaat dan gizinya.
Gak percaya? coba saja, berikut resep tumis kangkung kaya nutrisi.

Resep Tumis Kangkung Kaya Nutrisi untuk Tubuh

Bahan bahan Membuat Tumis Kangkung
  • 1 ikat kangkung segar
  • Cabai merah (sesuai selera)
  • Tomat atau rampai
  • Terasi (di bakar)
  • Ikan teri
  • 2 Bawang merah
  • 2 bawang putih

Cara Membuat Resep Tumis Kangkung Kaya Nutrsi
  1. Pertama, cucilah kangkung di air mengalir (air kran) hingga bersih
  2. Potong kangkung dan batangnya (jangan terlalu pendek)
  3. Irislah semua bahan (cabai, bawang merah, bawang putih, teri dan tomat)
  4. Selanjutnya, tumis semua bumbu yang sudah di iris dan terasi yang sudah di bakar sampai layu
  5. Jangan lupa untuk menambahkan gula dan garam (secukupnya)
  6. Setelah itu, masukkan kangkung dan oseng sampai kangkung layu
  7. Beri sedikit air matang
  8. Tunggu hingga batang kangkungnya matang, angkat dan sajikan tumis kangkung dalam piring saji

Tips:
agar kangkung cepat layu, ungkap kagkung menggunkan tutup panci. Jangan lupa untuk sesekali di buka dan di oseng oseng agar bumbu tercampur merata
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Bumbu Masak yang lainnya
Sangat sederhana bukan? Membuat makanan sehat dan bergizi pun tak perlu mahal dan susah. Cukup membeli sayuran kangkung di tukang sayur pun cukup mudah dilakukan.

Meskipun saat ini pun banyak juga warung warung yang menjual tumis kangkung.

Namun, alangkah menggodanya tumisan kangkung sendiri di rumah. Sajikan di meja makan bersama sepirng nasi putih hangat, tempe dan sambal pun sudah cukup nikmat meskipun hanya sesederhana itu.

Itulah resep tumis kangkung kaya nutrsi yang semoga dapat menjadi menu masakan baru yang dapat memanjakan lidah keluarga di rumah. Semoga bermanfaat ya, selamat mencoba di rumah…

Resep Soto Daging Betawi Asli

Resep soto daging Betawi merupakan salah satu kuliner makanan nusantara yang begitu popular kelezatan makanannya. Mulai dari bumbunya yang sangat khas, ditambah dengan kuahnya yang sangatlah mantap.

Bagi penyuka kuliner kuah, soto dapat menjadi menu andalah yang sangat mengeyangkan dan memanjakan perut. Soto betawi memang memiliki ciri khas dan kenikmatan rasa yang sulit ditandingi oleh soto-soto lain.

Soto ini berbeda dengan soto soto pada umumnya sebab, dalam kuah soto betawi menggunakan susu sebagai bumbunya. Soto betawi memiliki kuah yang tidak bening, namun rasanya sungguh enak dan gurih.

Nah, maka dari itulah jangan heran jika menemukan tempat atau warung yang menjual soto. Sebab biasanya para pedagang membedakan soto Betawi dengan soto yang lainnya Karena segi bahan pembuatannya.

Soto Betawi ini tebuat dari daging sapi asli dan aneka bumbu rempah asli nusantara, jadi tak heran deh rasanya sangat nyuus sekali.

Bunda bunda di rumah pun tak perlu susah payah keluar rumah membeli soto Betawi. Sebab kali ini kami akan memberikan postingan mengenai Resep soto daging Betawi.

Resep Soto Daging Betawi Asli

Bahan Bahan Soto Daging Betawi
  • 1 kilo gram daging sapi (kaki/jeroan keduanya boleh)
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang lengkuas gepruk
  • 1 batang sereh

Bahan Tambahan
  • ½ liter susu sapi segar atau susu ultra tawar
  • 1 kotak kecil santan kara

Bumbu Bumbu Halus
  • 5 Siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • ½ sendok teh jinten
  • 1 ruas jempol jahe
  • Lada butir secukupnya

Bumbu Pelengkap
  • Kentang yang dikupas dan dibelah jadi 2 bagian dan goreng
  • Daun bawang diiris-iris
  • Bawang goreng garing
  • Buah tomat (diiris-iris)
  • Sambal pedas
  • Jeruk nipis(diperas)
  • Emping goreng garing

Cara Membuat Soto Daging Betawi Asli
  1. Rebus semua bahan bahan utama dengan air termasuk daging sapi.
  2. Buanglah kotoran daging yang keluar saat perebusan. Rebus sampai daging menjadi lunak dan empuk. Kemudian sisihkan daging
  3. Setelah itu, rebus kaldu sampai mendidih.
  4. Lalu masukkan bumbu yang dihaluskan (tanpa ditumis)
  5. Selanjutnya masukkan garam dan cicipi dulu rasanya. Tambah garam atau bumbu apa saja jika dirasa kurang pas.
  6. Terakhir tambahkan santan kara dan susu cair.

Cara Menyajikan Soto Daging Betawi
  1. Pertama, potong lah kentang dan daging menjadi kecil kecil (sesuai selera).
  2. Lalu masukkan potongan tadi ke dalam mangkuk. Potongan tomat juga dimasukkan.
  3. Kemudian taburkan bawang goreng, daun bawang, merica bubuk dan kecap manis.
  4. Setelah itu tuangkan kuah soto Betawi nya.
  5. Tambahkan emping goreng dan jangan lupa air perasan jeruk nipis.
  6. Soto betawi sudah siap untuk disajikan.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Aroma dari soto daging betawi pun tercium sangat menggoda sekali. Bunda pun tak mengalami kesulitan kan dalam pembuatan soto daging ini, Karena pembuatannya pun sangatlah sederhana.

Jangan lupa juga bunda untuk memilih daging sapi yang sedikit lemaknya dan banyak dagingnya.

Jika sudah mencicipi hidangan ini tentunya sangkaan kita mengenai rasa enak soto ini sangatlah benar benar enak dan sangat sedap.

Semoga Resep soto daging Betawi yang kami posting kaili ini bermanfaat ya, selamat mencoba di rumah.

Resep Es Buah Segar Eksotis Mix

Es buah merupakan minuman yang di dalam nya terdapat potongan potongan buah buahan segar dan bergizi. Es buah sangatlah nikamat di minum saat siang hari untuk melepas dahaga dan mengembalikan kesegaran tubuh kita.

Dengan kombinasi beberapa macam daging buah segar anda akan sangat menyukai resep minuman satu ini. Bagi teman teman yang sedang menjalani progam diet pun di anjurkan untuk mengonsumsi buah buahan.

Nah, untuk mengkreasikaannya anda dapat membuat resep es buah segar eksotis ini. Tak hanya itu lhoo, bagi bunda yang sedang gundah gulana sebab si kecil tak menyukai buah.

Sekarang jangan kawatir lagi ya, sebab bunda dapat mengakalinya dengan mencampur buah buahan ke dalam es buah.

Dengan tampilan yang menarik semoga si buah hati menjadi senang dan tertarik untuk memakan buah buahan.

Dengan cara alternative inilah bunda dapat melatih si kecil untuk menyukai buah buahan, dan berikanlah pengertian bahwa buah buahan itu sangat baik dan sangat penting membantu perkembangannya.

Gimana teman teman sudah tertarik untuk membuat resep es buah segar eksotis? Yuk langsung saja kita intip cara pembuatan dan buah buahan apa saj sih yang di gunakan.

Resep Es Buah Segar Eksotis Mix

Bahan Bahan yang Diperlukan
  • Daging buah semangka merah 300 gr, potong dadu
  • Daging buah pepaya 300 gr, potong kotak
  • Pisang ambon 3 buah, potong memanjang
  • Mangga manis 2 buah, potong dadu
  • Daging buah melon 300 gr, potong kotak
  • Nanas 150 gr, potong dadu
  • Bubuk Teh melati 5 sdt
  • Parutan kulit jeruk 2 sdm, untuk hiasan
  • Air jeruk nipis 3 sdm
  • Air 500 ml
  • Gula pasir 3 sdm
  • Jus jeruk manis 150 ml
  • Secukupnya es batu

Cara Membuat Resep Es Buah Segar Eksotis
  1. Masak air sampai meletup letup atau mendidih, rendam bubuk teh sampai larut. Biarkan kurang lebih selama 10 menit, kemudian saring.
  2. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan saringan air teh dengan jus jeruk manis, air jeruk nipis dan gula pasir, aduk sampai semua bahan tercampur dengan merata
  3. Sementara itu campurkan juga semua potongan buah dalam mangkuk besar, kemudian tuangkan campuran air teh serta tambahkan juga es batu secukupnya.
  4. Es buah segar eksotis siap disajikan
  5. Hidangkan minuman segar ini dalam gelas saji dan taburi parutan kulit jeruk diatasnya agar menarik.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Es yang lainnya
Bagaimana, cukup mudah bukan? Jika teman teman kurang menyukai buah diatas dapat menggantinya dengan buah lainnya lhoo. Jangan takut untuk rasanya.

Yang jelas rasa buah buahan yang sudah tercampur dengan buahan lainya pasti sangat enak. Semoga resep es buah segar eksotis diatas bermanfaat ya, selamat mencoba di rumah.

Semoga diet, mencari alternative membuat anak suka dengan buah maupun hanya ingin menikmati es buah saja menjadi menyenangkan dan berhasil. Selamat mencoba…

Resep Nasi Goreng Daun Pache Sensai Mint

Resep nasi goreng daun pache – apa yang terlintas di benak kalian jika mendengar nasi goreng daun pache ini? Apakah menggelikan atau nikmat?

Ya, resep kita kali ini berbeda dengan masakan nasi goreng pada umumnya. Dengan menggunakan daun pache maka nasi goreng kita kali ini berbeda.

Mungkin banyak sekali orang Indonesia yang kurang mengetahui resep nasi goreng daun pache ini. Nah atas ketidak tahuan ini kami menghadirkan resep nasi goreng daun pache.

Teman teman mungkin sudah terbiasa dengan nasi goreng kebuli, nasi goreng babat, dan nasi goreng special telur hehe. Pastinya agak aneh mendengar nasi goreng daun pache ini.
Namun teman teman jangan minder dulu ya, rasa nasi goreng kali ini pun tak kalah dengan nasi goreng yang lainnya lho.

Pasti kalian penasaran sebab nasi goreng ini di buat dengan bahan bahan yang tak biasa. Sebelumnya teman teman harus tahu dulu ya mengkudu (pache) ini merupakan tanaman yang berasal dari daerah Asia Tenggara.

Tanaman ini mempunyai sebutan nama yang berbeda-beda sesuai daerah masing-masing. Mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Jadi tahu kan manfaatnya mengkudu. Bagi teman teman yang ingin mencoba resep ini dapat mencobanya sendiri di rumah. Dijamin deh anti mainstream..

Resep Nasi Goreng Daun Pache Sensai Mint

Bahan Bahan Nasi Goreng Daun Pache
  • 5 Lembar daun mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) yang masih muda
  • 3 butir bawang merah
  • 1 buah kemiri
  • 2 butir telur ayam
  • 1 buah mentimun
  • 3 butir bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • 3 buah cabe hijau
  • 1 ruas jari kunyit
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 piring nasi putih (sebaiknya jangan yang lembek)
  • ½ sendok teh garam dapur atau secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Daun Pache
  1. Daun mengkudu yang masih segar dicuci dan digulung mirip cerutu, dibelah memanjang lalu dipotong potong sehingga menghasilkan potongan selebar kuku atau lebih kecil lagi.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai merah, kemiri dan kunyit. Blender kasar saja sebab jika terlalu halus akan mudah gosong jika di tumis
  3. Panaskan minyak goreng, setelah panas masukan semua bumbu, sekitar satu menit kemudian masukan daun mengkudu bersama bumbu yang ditumis tersebut.
  4. Setelah daun mengkudu mulai menguning layu dan bau bumbu tercium harum, masukkan nasi putih ke dalam bumbu. aduk hingga semuanya merata.
  5. Taburkan garam dan coba untuk tes rasa keasinannya menyesuaikan selera. Masukan kecap manis, aduk terus hingga tercampur rata dengan nasi sekitar 3-5 menit.
  6. Angkat nasi goreng ke dalam 2 piring untuk disajikan
  7. Gorenglah telur dadar, kemudian iris tipis tipis dan letakan di atas nasi goreng
  8. Tambahkan mentimun, tomat dan sayuran lainnya di atas nasi goreng
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Sudah jadi deh, nasi goreng daun pache kita kali ini. Konon nasi goreng ini berkhasiat untuk badan lesu dan pegal-pegal. Semoga resep nasi goreng daun pache bermanfaat ya..

Resep Sayur Goreng Asam Pedas Nikmat

Sayur merupakan hidangan utama yang termasuk ke dalam 4 sehat 5 sempurna. Oleh karena itulah hidangan ini tak bisa lepas dari meja makan.

Pada dasarnya semua sayuran itu sama, yakni mengandung bahan bahan sayuran yang sehat dan bergizi. Nah, pada kesempata kali ini kami akan memberikan postingan resep sayur goreng asam pedas nikmat.

Ada yang tahu gak sih mengenai sayur asam ini? Sayur asam ini adalah hidangan sayur khas Betawi lho jadi tak heran jika sayuran ini sudah terkenal dimana mana.

Jadi tak ada salahnya jika anda mencoba membuat sayuran ini di rumah dan dihidangkan bersama sambal dan tempe goreng di meja makan.

Untuk resep jelasnya dapat anda simak bumbu dan cara pembuatannya di bawah ini.


Resep Sayur Goreng Asam Pedas Nikmat

Resep Sayur Goreng Asam Pedas Nikmat

Bahan Bahan

  • 5 buah kacang panjang, potong sepanjang 4 cm
  • 200 gram nangka muda, potong ukuran 2 x 3 cm
  • ¼ buah pepaya muda ukuran kecil, iris menyerong
  • 1 genggam buah melinjo muda
  • ½ buah labu siam, potong ukuran 3 x 4 cm
  • 1 buah jagung manis, potong menjadi 3 bagian, masing-masing bagian belah 4
  • 1 genggam daun melinjo
  • 7 buah cabai hijau besar, potong menjadi 2 bagian
  • 4 buah asam
  • 1 lt air

Bumbu Sayur Goreng Asam yang di haluskan
  • 5 butir cabai merah keriting
  • 1 ruas kunyit
  • 5 butir kemiri
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 5 butir cabai rawit
  • 4 butir bawang merah

Bumbu Pelengkap Lainnya
  • 1 sendok makan garam (secukupnya)
  • 3 lembar daun salam
  • 2 ½ sendok makan gula pasir (secukupnya)
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan pipihkan
  • 1 ruas lengkuas, pipihkan
  • 1 sendok teh kaldu bubuk, jika suka

Cara Membuat Resep Sayur Goreng Asem
  1. Pertama, masukan semua bumbu, tumis hingga tercium bau harum
  2. Setelah bumbu tercium bau wangi dan matang masukan sedikit air
  3. Didihkan air bersama dengan melinjo dan nangka muda
  4. Masak semuanya hingga nangka menjadi lunak
  5. Tambahkan labu siam dan kacang panjang
  6. Tambahkan asam buah
  7. Rebus kembali hingga semua sayuran lunak
  8. Tuangkan air asam ke dalam rebusan sayuran tadi
  9. Kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan
  10. Masak kembali hingga sayuran empuk
  11. Setelah itu angkat dan sajikan.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Nah itulah resep sayur goreng asem lengkap dengan bumbu bumbu dan cara membuatnya.

Sayur asem ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat dengan ditemani nasi hangat dan bahan pelengkap lainnya (tempe dan sambal).

Cita rasanya yang begitu enak dan begitu nikmat akan selalu memanjakan lidah anda.

Kuah gurih yang melengkapinya akan menjadikan hidangan ini semakin istimewa serta mempunyai sensasi rasa asamnya pun akan menggugah selera makan anda.

Terima kasih ya, telah menyimak postingan kami kali ini. Semoga apa yang sudah kami posting bermanfaat.

Resep Adonan Pancake Keju Gurih Lezat

Sebelum mengetahu resep adonan pancake keju ada baiknya jika mengetahui asal muasal keju. Keju adalah sebuah makanan yang di hasilkan dengan cara memisahkan zat zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi.

Nah, itulah sedikit pengetahuan tentang keju, mungkin kebanyakan dari anda sudah mengetahuinya namun sebagian dari anda ada yang belum mengetahuinya.

Setelah ini pasti teman teman bertanya, lalu apa hubungannya dengan pancake? Hubungannya adalah keju dapat membuat suatu makanan atau hidangan menjadi lebih gurih.

Tentu saja jika mencicipi makanan yang gurih dan enak pastinya akan di sukai banyak orang. Namun tak hanya di campur dengan makanan, keju juga dapat dimakan utuhan seperti keju cheddar.

Namun jika anda kurang menyukainnya dapat mengombinasikan dengan roti maupun dengan mencampurnya dengan pancake.

Nah kali ini kita akan membhasa resep adonan pancake keju gurih lezat yang paling banyak diminati selain rasanya yang enak, jenis kue ini relatif mudah, cepat, dan praktis.

Pancake keju yang akan kita buat kalu unu tidak lah hanya enak tetapi di buat dengan bahan bahan yang berkualitas dan terjamin gizinya. Simak yuk bagaimana pembuatannya.

Resep Adonan Pancake Keju Gurih Lezat

Bahan Bahan Adonan Pancake Keju
  • 100 gram, tepung terigu (kualitas baik)
  • 1 sendok makan, tepung maizena
  • 30 gram, gula pasir
  • sendok makan, olive oil atau minyak sayur
  • 1 butir, telur ayam
  • 100 mili liter, susu cair
  • 1 sendok teh, baking powder
  • ¼ sendok teh, garam

Bahan Bahan Tambahan
  • coklat mesis
  • susu kental manis
  • keju kraft

Cara Membuat Pancake Keju
  1. Campurkan 100 gram tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, garam dan baking powder dalam sebuah wadah, kemudian aduk semua bahan hingga rata.
  2. Kocok 1 butir telur ayam menggunakan kocokan telur di wadah terpisah, tambahkan susu lalu aduk lagi sampai merata.
  3. Masukkan campuran tepung secara bertahap (kira-kira 2-3 tahap) dan aduk rata. Tambahkan olive oil lalu aduk rata sebentar.
  4. Tutup wadah dengan plastik lalu diamkan adonan sekitar 10 menit, sebelum adonan di dadar aduk rata agar tidak ada adonan yang menggumpal.
  5. Panaskan wajan datar anti lengket dengan api sedang saja.
  6. Lalu tuangkan adonan dengan takaran 1 sendok sayur di tengah wajan dan biarkan hingga berbentuk bulat.
  7. Masak di atas api kecil saja, tunggu sampai timbul gelembung gelembung udara di permukaan pancake serta berwarna kecoklatan di bagian bawah.
  8. Balik sisi pancake yang sudah berwarna kecoklatan dengan spatula atau sodet, angkat setelah matang.
  9. Kemudian susun pancake ke atas membentuk seperti menara dengan setiap lapisan di sisipkan parutan keju dan coklat mesis, kemudian tuangkan susu kental manis diatas pancake.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Kue yang lainnya
Pancake keju siap di sajikan, selamat menikmati ya..

Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba resep adonan pancake keju dirumah bersama keluarga tercinta.

Resep Sambal Terasi Jeruk Limo Pedas

Sambal merupakan makanan yang sangat identik sekali dengan lidah masyarakat Indonesia yang sangat menyukai rasa pedas.

Resep masakan yang akan kita bahas kali ini adalah adalah resep sambal terasi jeruk limo pedas. Sebab sambal merupakan bumbu paling sedap yang dapat disandingkan dengan makanan apa saja.

Meskipun ada juga yang kurang menyukai sambal karena tidak tahan dengan rasa pedas. Namun bagi sebagian orang tingkat kepedasan suatu sambal pun dapat menjadi ukuran kepuasan penikmat sambal.

Tak sedikit pula para penggemar sambal akan menambah jumlah cabai agar mendapatkan sensasi yang sangat pedas.

Meskipun harus merelakan wajahnya merah dan berkeringat karena kepedasan. Namun itulah yang namanya kepuasan dalam makan.

Nah, untuk sambal terasi jeruk limo ini menurut kami sangatlah cocok disandingkan dengan tempe goreng dan sayur asam. 

Makanan yang satu ini sebenarnya adalah makanan kesukaan masyarakat betawie loh, betawi lagi betawi lagi, hehe.

Ditambah dengan perasan jeruk limo inilah yang menjadi daya tarik sambal ini. Sebab dengan mencium aroma bau jeruk limo dapat membangkitkan selera makan.

Aroma jeruk limo yang tercamour dalam samabal sangatlah khas sekali. Para penggemar sambal kayaknya sudah tak sabar nih untuk membuat sambal terasi jeruk limo. Simak yuk ulasan di bawah ini.

Resep Sambal Terasi Jeruk Limo Pedas

Bahan Bahan Sambal Terasi Jeruk Limo
  • 15 buah cabai merah keriting (bisa ditambah)
  • 1 buah jeruk limo (dibelah menjadi dua)
  • 5 buah bawang merah
  • 1 Buah Tomat
  • 5 buah cabai rawit
  • ½ sdt terasi matang
  • ½ sdt garam

Cara Membuat Resep Sambal Terasi Jeruk Limo
  1. Ulek atau gerus kasar cabai merah, garam dan terasi, bawang merah
  2. Kemudian masukkan tomat, setelah itu ulek bumbu sampai rata
  3. Lalu peraskan jeruk limo diatas sendok, buang biji jeruk dan biarkan airnya, tuang kan air perasan jeruk limo ke dalam sambal, aduk hingga semuanya tercampur rata
  4. Sambal terasi jeruk limo siap di sajikan

Cukup mudah ya, nah bagi anda yang bingung mau makan apa? Goreng saja tempe yang ada di dapur setelah itu jangan lupa untuk menyambal terasi jeruk limo. Agar menambah kenikmatan makan siang.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Bumbu Masak yang lainnya
Kami jamin deh, selera makan anda pasti bertambah dan menu tempe yang awalnya biasa saja pasti akan terasa nikmat sekali dengan sambal.

Apalagi jika kita makananya dengan cara menggunakan tangan alias tidak memakai sendok. Meskipun agak sedikit repot di tangan, namun sensasi nya itu lhoo yang bikin ketagihan. 

Buruan cobaa ya, kami tunggu hasilnya. Sekian informasi resep sambal terasi jeruk limo, selamat mencoba ya dan semoga bermanfaat.

Resep Sayur Asam Betawie Poenya Gaye

Sayur merupakan suatu hidangan yang tidak biasa dihilangkan dalam menu makanan, hal tersebut dikarenakan sayur merupakan hidangan utama yang termasuk ke dalam 4 sehat 5 sempurna.

Meskipun demikian, hidangan sayur malah jarang di minati di meja makan. Nah, ada baiknya jika anda menyajikan menu sayur yang berbeda dari biasanya.

Sebenarnya banyak sekali menu sayuran yang dapat anda hidangkan di meja makan, salah satu yang berbeda adalah resep sayur asam betawie poenya gaye.

Sebenarnya resep sayur asam ini sama dengan resep sayuran lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah bumbu, bahan pelengkap dan proses membuatnya.

Meskipun demikian rasanya tetap saja enak dan sudah di percaya nikmat. Cita rasanya yang sangat enak ini sangat memanjakan lidah siapa saja yang merasakannya.

Kuahnya yang begitu gurih melengkapi kenikmatan sayur ini. Sensai yang sangat nikamt akan anda rasakan.

Kuah sayuran ini sebenarnya agak keruh, namun siapa sangka kuah ini sangatlah nikmat sekali. Isiannya juga sangat komplit mulai dari aneka kacang, melinjo, buah labu, nangka muda, dan juga jagung.

Kebayang deh rasanya seperti apa, simak saja yuk cara pembuatan resep sayur asam betawie poenya gaye.

Resep Sayur Asam Betawie Poenya Gaye

Bahan Bahan Sayur Asam Betawie
  • 1 liter air
  • 200 gr oncom (bagi yang suka), potong-potong
  • 150 gr biji melinjo muda
  • 300 gr labu siam, kupas, potong-potong
  • 300 gr nangka muda, potong-potong
  • 3 Bonggol Bawang Merah
  • 5 helai kacang panjang, potong 3 cm
  • Sayuran lain: jagung manis, kacang tanah atau kacang bogor, jika suka
  • 5 buah asam Jawa muda, rebus hingga lunak
  • 2 sdt garam
  • 2 buah cabai mera

Bumbu Halus
  • 2 buah cabai merah,
  • 3 Bonggol Bawang Merah
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Resep Sayur Asam Betawie
  1. Didihkan air bersama nangka muda dan melinjo
  2. Masak keduanya hingga nangka menjadi lunak.
  3. Kemudian tambahkan labu siam dan kacang panjang.
  4. Rebus kembali semua sayuran hingga seluruh sayuran menjadi lunak.
  5. Remas remas asam muda dengan air hangat hingga lumat lalu saring.
  6. Tuangkan sedikit demi sedikit air asam ke dalam rebusan sayuran.
  7. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi
  8. Masak kembali hingga mendidih.
  9. Setelah itu angkat sajikan

Itulah resep sayur asam betawie poenya gaye, sayur asam ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan masih hangat dengan di temani sepiring nasi putih, sambal dan juga tempe.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Enak juga kan? Maka dari itu tak ada salahnya jika kalian mencoba membuat menu sayuran ini dan di hidnagan di meja makan bersama keluarga.

Sekian dulu ya, semoga postingan hari ini bermanfaat dan dapat menambah kreasi menu makanan di rumah. Agar dapat menyenagkan perut dan hati pun dapat senang, hehe.

Resep Pudding Cokelat Susu Enak

Pudding merupakan makanan yang sudah melegenda di lidah kita, mulai dari kita kecil hingga dewasa pudding teteplah makanan enak yang nikmat.

Maka dari itulah pudding menjadi terkenal, pudding sebenarnya sangat mirip dengan agar agar. Hanya saja pudding ini ditambahkan susu sehingga banyak digemari.

Puding coklat banyak digemari karena rasanya manis, juga memiliki tekstur yang lembut serta rasa gurih dari susu kental terasa.

Tak hanya itu saja lho, karena mirip dengan agar agar, pudding dapat di kreasikan menjadi bentuk apa saja, tergantung cetakannya ya.

Agar lebih menarik minat anak, anda dapat mencetaknya dalam cetakan boneka maupun buah agar hasilnya lebih menarik.

Anda pun dapat membuat pudding cokelat susu sendiri di rumah lho. Bahkan saat ini terdapat banyak sekali yang menjual bubuk pudding secara instan.

Namun jika anda ingin membuatnya secara manual tetap bisa kok.

Tentu saja anda harus menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu, bahan nya pun mudah di dapatkan, ikuti saja langkah langkah berikut ini dengan resep pudding cokelat susu enak.

Resep Pudding Cokelat Susu Enak

Bahan bahan Membuat Pudding Cokelat Susu
  • 900 ml susu cair putih (ultramilk)
  • 25 gram coklat bubuk (cocoa powder)
  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 150 gram gula pasir
  • Cetakan agar-agar

Cara Membuat Resep Pudding Cokelat Susu Enak
Adonan pertama
  1. Tuangkan 450 ml susu cair dengan gula pasir dan ½ bungkus agar agar, aduk semua bahan sampai merata
  2. Kemudian masukkan 25 gram coklat bubuk, aduk kembalia adonan sampai rata
  3. Kemudian saring campuran adonan tersebut supaya tidak ada butiran butiran coklat
  4. Masak adonan sampai mendidih sambal terus di aduk terus
  5. Jika sudah mendidih, angkat lalu dinginkan sejenak sampai hangat
  6. Kemudian tuangkan dalam cetakan yang sudah dibasahi air matang sebelumnya, dinginkan selama 10 menit

Adonan kedua
  1. Tuangkan 450 ml susu cair, gula pasir, dan ½ bungkus agar agar, aduk hingga tercampur
  2. Masak sambil diaduk hingga matang
  3. Ambilah agar agar pertama yang sudah dingin, kemudian tuangkan adonan kedua diatasnya agar agar pertama
  4. Masukkan keduanya ke dalam kulkas dan biarkan selama 30 menit
  5. Puding cokelat susu siap untuk dihidangkan dan dinikmati

Nah mudah ya, biasanya pudding ini di gunakan sebagai hidangan penutup saat jamuan pertama sudah habis. Tapi, jika anda ingin memakannya begitu saja juga tidak apa apa. Apalagi jika memang sengaja membuatnya untuk hidangan atau cuci mulut di rumah, pastinya keluarga akan senang.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Jika anda sukses membuat pudding ini dan rasanya begitu enak, anda juga dapat mengembangkannya menjadi bisnis lho.

Sebab pudding saat ini sedang banyak di gemari oleh masyarakat luas.

Pudding dapat menjadi lahan bisnis yang sangat menguntungkan sebab bahan bahannya pun mudah di temukan.

Sekian ya info mengenai pudding, Resep Pudding Cokelat Susu Enak kali ini memang sangat membantu sekali manambah kreasi makanan di rumah. Selamat mencoba ya.

Resep Es Krim Durian Jajanan Anak Sehat

Durian merupakan raja buah yang banyak diminati banyak orang. Selain bisa di nikmati secara langsung, durian juga bisa di olah menjadi suatu sajian yang segar dan sehat yaitu resep es krim durian jajanan anak sehat.

Meskipun mempunyai bau yang sangat menyengat namun menurut kami (pecinta durian) ini memiliki bau durian ini sangatlah menggoda dan dapat menggugah selera.

Apalagi di tambah dengan tekstur daging durian yang sangatlah lembut sehingga sangat nikmat untuk di hidangkan.

Cara penyajian durian pun beragam mulai dibuat menjadi minuman segar seperti jus durian, es krim durian, kripik dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa buah durian mengandung Niasin dan Thiamin yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
Selain itu juga dapat membantu mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah karena buah durian mengandung Riboflavin atau vitamin B2.

Jadi untuk anak durian jika di buat es krim sangatlah bermanfaat ya, bunda yang penasaran simaklah bahan dan cara membuatan resep es krim durian jajanan anak sehat.

Resep Es Krim Durian Jajanan Anak Sehat

Bahan Es Krim Durian
  • Siapkan sebanyak 300 gr whipped cream
  • Daging durian sebanyak 200 gr halus
  • Susu cair sebanyak 300 ml
  • Garam halus 0,5 sendok teh
  • 120 gr untuk gula pasir
  • 500 ml untuk santan kelapa

Cara Membuatt Es Krim Durian
  1. Pertama rebus santan, susu, garam dan juga gula sambil terus di aduk hingga mendidih. Angkat dan biarkan dingin.
  2. Kemudian kocok whiped cream hingga mengmbang. Setelah itu masukkan pada rebusan bahan adonan tadi.
  3. kemudian masukkan daging buah durian halus ke dalam adonan. Aduk hingga merata.
  4. Siapkan cetakan dan masukkan adonan yang telah di rebus ke dalamnya.
  5. Jika sudah, simpan cetakkan es krim tersebut ke dalam lemari es atau freezer. Tunggu sampai membeku sekitar 3 jam.
  6. Setelah itu keluarkan dari lemari es dan kocok adonan es krim dengan mixer sampai terlihat lembut.
  7. Selanjutnya masukkan lagi pada lemari es atau freezer agar es krim durian terasa lembut, dingin dan segar.
  8. Selesai, es krim durian siap di sajikan.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Minuman yang lainnya
Nah, untuk mempercantik penampilan es krim durian, bunda dapat menambahkan beberapa bahan pelengkap seperti cokelat, taburan meses dan lain sebagainya agar buah hati tertarik.

Mudah ya bun, sebab pembuatan es krim durian memang tidak terlalu jauh dari proses pembuatan jenis es krim yang lainnya.

Waktu yang di gunakan pun tak terlalu lama, jadi bunda dapat menyajikan es krim durian untuk keluarga tanpa membutuhkan waktu lama.

Sekian dulu ya, semoga resep es krim durian jajanan anak sehat bermanfaat.

Resep Asinan Sayur Khas Betawi (Makanan Tradisional)

Asinan sendiri adalah merupakan salah satu makanan khas nusantara Indonesia yang mempunyai rasa enak dan segar.

Asinan sendiri memiliki dua jenis yaitu asinan sayuran dan asinan buah. Kedua nya tetap sama memiliki rasa yang enak sehingga banyak masyarakat yang menyukainya.

Asinan sayur terkenal sebagai asinan Jakarta khas Betawi. Bagi teman teman yang tinggal di Jakarta pastinya sangat mudah menemukan makanan ini yang di jual di gerobak keliling maupun di warung warung.

Resep asinan sayur khas Betawi ini menggunankan komponen bahan utama aneka sayuran mentah yang di potong-potong kecil atau dirajang halus.

Biasanya menggunakan sayuran seperti kubis atau kol, kacang hijau, tauge, asinan sawi, serutan kasar wortel, mentimun dan lain sebagainya.

Nah, bagi teman teman yang tinggal di kota selain Jakarta dan sekitarnya tetap bisa kok menikmati asinan sayur khas Betawi. Caranya tetap mengikuti resep asinan sayur khas Betawi dibawah ini.

Resep Asinan Sayur Khas Betawi (Makanan Tradisional)

Bahan Bahan
  • Tauge 2 genggam
  • Kol 4 lembar atau sawi putih, dirajang halus
  • Paprika merah ½ buah, dirajang-rajang tipis
  • Mentimun 2 buah, dipotong kotak kecil
  • Tahu kuning 2-3 potong, direbus sebentar lalu dipotong kotak ukuran 2x2 cm

Bahan bumbu halus saus asinan sayur khas betawi
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah keriting 5 buah
  • Cabai rawit merah 5 buah
  • Kacang tanah goreng 3 sendok makan
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Air 400 sampai 500 mili liter
  • Ebi 3 sendok makan (dicuci bersih dan direndam dengan air hangat sampai lunak)
  • Kacang mete goreng 2 sendok makan (dapat diganti dengan kacang tanah)
  • Air asam jawa 100 mili liter (rendam 2 sendok makan asam jawa dengan 200 mili liter air panas)
  • Gula jawa atau gula merah sisir 150 gram
  • Garam 2 sendok teh (tambahkan menurut selera jika kurang asin)

Bahan Pelengkap
  • Kerupuk kuning atau merah secukpnya
  • Kacang goreng tahan sebagai taburan
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Cara Membuat Saus Asinan Sayur Khas Betawi
  • Siapkan semua bahan saus, kemudian blender
  • Tuang saus yang sudah halus kedalam panci kecil lalu rebus sampai mendidih
  • Tambahkan garam, gula, dan air asam jawa. Jika dirasa ada yang kurang silahkan tambahkan
  • Untuk saus, usahakan dalam menggiling atau saat memblender semua bahan kuah sampai benar-benar halus ya, agar tekstur kuah menjadi lembut

Cara Penyajian Asianan Sayur
  • Siapkan semua bahan-bahan asinan yang sudah disediakan sebelumnya, tata disebuah piring saji (dapat dimulai dari rajangan kubis atau kol, tauge, mentimun dan paprika)
  • Kemudian tata potongan tahu kuning secara menyebar dipermukaan sayuran
  • Selanjutnya siram sayuran dengan kuah asinan dan taburkan kacang tanah goreng diatas nya 
  • Asinan sayur siap dihidangkan dan disantap dengan kerpuk kuning atau kerupuk merah

Wahh, resep asinan sayur khas Betawi kayaknya cocok nih menjadi menu makan siang hari ini. Perpaduan rasa asin, asam dan manis ini sangat menggoda sekali. Selamat mencoba di rumah.