Cara Membuat Batagor Tanpa Ikan


Loading...

Salah satu jajanan khas indonesia yang identik dengan ikan adalah batagor. Namun cara membuat batagor tanpa ikan sering di gunakan untuk penggemar batagor yang alergi mengonsumsi ikan. Bahan ikan tersebut dapat di ganti dengan ebi yang di haluskan. Jadi bagi anda yang tidak alergi ikan namun ingin membuat batagor dengan budget yang minim maka anda dapat menggunakan cara ini untuk lebih menghemat biaya. Batagor memang banyak di temukan di jual oleh pedagang kaki lima yang biasanya berada di pinggir jalan. Namun kali ini anda dapat membuat batagor tanpa ikan di rumah dengan bahan bahan yang cukup sederhana pula. Bagi yang sudah penasaran bagaimana proses pembuatannya, maka langsung saja simak informasi di bawah ini.

Cara Membuat Batagor Tanpa Ikan

Bahan Bahan Batagor

  • Tepung sagu 100 gram
  • Tepung terigu 100 gram
  • Tahu putih 5 buah di rebus dengan garam
  • Daun bawang di iris tipis secukupnya
  • Bawang putih 2 siung
  • Garam secukupnya
  • Ebi 1 sendok teh
  • Merica secukupnya

Proses Pembuatan Batagor

Jika semua bahan pada cara membuat batagor tanpa ikan telah di sediakan maka langsung saja campurkan bahan bawang putih, garam, ebi, dan merica lalu di haluskan. Setelah itu campurkan bumbu halus dengan sagu, terigu, daun bawang, dan air lalu di uleni hingga kalis. Jika sudah maka potong tahu menjadi dua bagian lalu ambil sedikit pada bagian tengahnya hingga membentuk lubang yang nantinya di gunakan untuk mengisi adonan batagor. Jika adonan sudah di letakkan maka goreng hingga adonan batagor terendam minyak. Apabila sudah matang dan kering maka sisihkan pada wadah terlebih dahulu. Proses pembuatan batagor tanpa ikan ini cukup simpel dan mudah.
Baca juga : Cara Membuat Batagor Nikmat
Jika cara membuat batagor tanpa ikan di atas sudah selesai kini buatlah bumbu kacangnya untuk menambah kelezatan batagor. Campurkan dan goreng semua bahan kacang tanah, bawang merah dan bawang putih, terasi, dan cabe lalu tunggu hingga matang. Jika sudah maka dapat langsung di haluskan dengan menggunakan tumbukan atau blender. Setelah itu dapat di siramkan di atas batagor dan batagor lezat pun dapat langsung di santap. Itulah bahan bahan yang di perlukan serta proses pembuatan batagor tanpa ikan yang dapat di praktikkan dengan mudah.

Artikel Terkait