Cara Membuat Kopi Hitam Paling Mantap


Loading...

Saya yakin kalian semua pasti sudah mengenal kopi dan tahu bagaimana cara membuatnya. Apalagi saat ini sangat mudah dijumpai penjual kopi instan di berbagai tempat.  Namun tahukah kamu ? Untuk mendapatkan rasa kopi yang enak dan harum proses pembuatanya tidak sekedar menuangkan air panas ke cangkir yang berisi kopi bubuk. Kita perlu memperhatikan tahapan-tahapan yang penting agar menghasilkan kopi yang nikmat. Berikut ini merupakan tahapan dan cara membuat kopi yang nikmat dan harum.

Tahap 1
Dalam pembuatan kopi yang nikmat, air yang digunakan untuk membuat kopi sangat berpengaruh terhadap cita rasa kopi yang dihasilkan. Jika anda memilih menggunakan air keran sebaiknya disaring terlebih dahulu atau diamkan dalam teko agar kotorannya mengendap. Selain itu perhatikan suhu air, pada saat perebusan air sebaiknya jangan sampai air mendidih bergolak jika menggunakan coffeemaker.

Tahap 2
Setelah air selesai direbus, diamkan terlebih dahulu selama 30 detik sebelum menambahkan kopi.

Tahap 3
Disarankan untuk membeli biji kopi yang belum digiling karena akan mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Selain itu kita juga bisa menentukan sendiri kehalusan kopi yang kita giling.

cara membuat kopi

Masukan bubuk kopi yang telah Anda giling ke dalam filter coffeemaker.

Tahap 5
Simpan kopi dalam suhu ruangan karena rasa kopi dipengaruhi oleh suhu penyimpanan. Suhu ruangan merupakan suhu yang pas untuk menyiapkan kopi agar mendapatkan rasa yang nikmat dan tahan lama.

Tahap 6
Jika anda tidak suka dengan rasa pahit yang ada pada kopi, anda dapat menghilangkannya dengan cara menaburkan sedikit garam pada cangkir kopi anda. Setelah itu sajikan dan nikmati kopi anda selagi masih hangat agar rasa dan aroma kopi anda lebih terasa nikmat.

Bagaimana mudah bukan ? Anda tertarik untuk mencobanya dirumah ? Itu tadi beberapa tahapan penting bagaimana cara membuat kopi agar menghasilkan rasa kopi yang lebih nikmat. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba

Artikel Terkait