Cara Membuat Bakso Goreng yang Lezat


Loading...

Bakso merupakan suatu jenis makanan yang sering kita jumpai diberbagai tempat di Indonesia, bakso biasanya disajikan dengan kuah dan mie..buat anda yang gemar  mengonsumsi bakso mungkin anda sudah merasakan aneka jenis rasa bakso,dari bakso yang isinya urat,telur,tomat dan lain-lain.namun mungkin sebagian dari anda belum pernah merasakan bakso goreng, bakso goreng adalah bakso yang penyajiannya  secara di goreng. Bakso goreng sangat digemari oleh anak-anak.

Biasanya anak-anak membeli bakso goreng pada penjual yang ada di sekolah-sekolah yang kita tidak tahu apakah pada bakso goreng tersebut dibuat dengan bahan yang aman untuk dikonsumsi atau malah menggunakan bahan yang tidak layak untuk dikonsumsi. Karena pada akhir-akhir ini beredar informasi bahwa banyak penjual bakso yang menghalalkan segala cara untuk memperoleh keuntungan yang lebih dengan mencampurkan bahan berbahaya untuk dikonsumsi misalnya borak,formalin,pewarna textile dan lain-lain. 

Dan anak-anak pasti tidak pernah memikirkan apa yang mereka konsumsi itu berbahaya atau tidak. Untuk menyikapi hal tersebut sebaiknya anda memberikan anak anda bekal dari rumah dengan membuat  bakso goreng sendiri di rumah. namun buat anda yang belum tahu bagaimana cara membuat bakso goreng yang lezat, disini saya akan memberikan resep agar anda bisa membuat bakso goreng dirumah untuk bekal anak anda sekolah.

cara membuat bakso goreng

Berikut ini merupakan cara membuat bakso goreng yang lezat :
Sebelumnya kita siapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat bakso goreng terlebih dahulu.
  • daging sapi/ayam giling 100 gr
  • tepung panir 50 gr
  • merica secukupnya
  • bawang putih 2 siung
  • kuning telur 1 butir
  • bawang merah 3 siung
  • garam secukupnya
  • minyak goreng 1 liter
  • baking soda 2 Sdt
  • tepung tapioka 20 gr

Langkah yang harus kita lakukan dalam proses pembuatan bakso goreng adalah sebagai berikut :
  1. pertama, haluskan merica, bawang putih, bawang merah dan garam
  2. langkah berikutnya campurkan dan haluskan  bumbu yang dihaluskan dengan kuning telur, baking soda, separuh tepung panir (25 gr) dengan daging yang sudah digiling halus, untuk memperoleh hasil yang maksimal sebaiknya menghaluskan dengan blender atau food processor
  3. setelah tercampur rata, baru masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga menjadiadonan yang kenyal.
  4. Berikutnya bentuk adonan menjadi bulat sebesar bola pimpong.
  5. Siapkan tempat untuk merebus adonan yang telah di bentuk bulat.dan rebus adonan yang sudah di bentuk bulatan selama 15 -20 menit.
  6. Setelah direbus angkat dan sajikan dipiring kemudian lumuri bola daging yang sudah di rebus tersebut  tsb dengan sisa tepung panir dan goreng dengan minyak
  7. Terakhir, angkat bakso jika warna berubah kecokelat


Untuk membuat bakso goreng sebaiknya menggunakan daging sapi yang sudah digiling atau.karena daging sapi memiliki daging bisa menambah rasa dan aroma bakso goreng menjadi nikmat. dan sebaiknya sebelum membuat adonan. cuci terlebih dahulu seluruh bahan-bahan dan alat yang akan kita gunakan agar benar-benar higienis.

Nah, Seperti itulah cara membuat bakso goreng lezat dan rasanya tidak kalah dengan bakso goreng yang dijajakan di sekolah-sekolah. Bakso goreng pun siap untuk bekal anak-anak sekolah, sehingga anda sudah tidak lagi khawatir dengan apa yang anak anda konsumsi disekolahnya.sebaiknya goreng bakso dengan minyak sayur tujuannya yaitu agar bakso goreng yang dihasilkan lebih terasa lezat.

Artikel Terkait