Cara Membuat Ikan Asin


Indonesia memang memiliki sangat beragam kuliner,bahkan setiap daerah di Indonesia mempunyai kuliner khas tersendiri. Misalnya di kota Pekalongan yaitu nasi megono. Nasi megono ini sangat di santap dengan ikan asin. Ngomong-ngomong soal ikan asin, sebenarnya seperti apa sih kuliner yang di beri nama ikan asin ini?

Ikan asin adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam. Dengan metode pengawetan ini, daging ikan yang biasanya membusuk dalam waktu singkat dapat disimpan di suhu kamar untuk jangka waktu berbulan-bulan, walaupun biasanya harus ditutup rapat.ikan asin biasanya di produksi oleh orang-orang kawasan pesisir. 

Namun buat anda yang inin mencoba membuat ikan asin di rumah sendiri juga mudah karena cara membuat ikan asin sangatlah gampang sekali.namun dalam pembuatan ikan asin dibutuhkan waktu yang cukup lama dan sinar matahari yang cukup terik untuk menjemurnya. Beraneka jenis ikan yang biasa diasinkan, baik ikan air tawar maupun ikan laut.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan ikan asin mentah :
  • Ikan air tawar/ ikan air laut 1kg. 
  • Garam ½ kg (1:2)dengan ikan.
  • Air 1 sampai 2 liter.
cara membuat ikan asin

Berikut merupakan cara membuat ikan asin dari proses awal sampai ikan asin siap disajikan sebagai lauk :

  1. Perrtama siapkan ikan yang akan di bikin ikan asin.
  2. Ikan-ikan ini dikumpulkan dalam suatu wadah
  3. Langkah yang ketiga ikan ditaburi atau direndam dalam larutan garam pekat. Ikan-ikan yang besar biasanya dibelah atau dipotong-potong lebih dulu agar garam mudah meresap ke dalam daging.
  4. Diamkan selama 10-24 jam
  5. Yang terakhir jemur ikan yang sudah di rendam dibawah terik matahari langsung selama 1-3hari.
Ikan asin tidak akan bau dan aman dikonsumsi karena Konsentrasi garam yang tinggi dan menyusutnya cairan sel akan menghentikan proses autolisis dan menghambat pertumbuhan bakteri dalam daging ikan. Setelah itu, ikan-ikan ini dijemur, direbus atau difermentasi untuk meningkatkan keawetannya.

Nah jika ikan asin sudah kering sekarang cara penyajianya :
  1. Ambilah ikan asin yang sudah benar-benar kering.
  2. Siapkan minyak goreng yang sudah panas. Lalu masukan ikan asin kedalam minyak tersebut.
  3. Bolak balik hingga ikan terlihat putih kecoklatan.
  4. Angkat dan tunggu sampai minyak benar-benar tuntas.
  5. Sajikan ikan asin dengan sambal terasi.
Dalam pembuatan ikan asin kadar garam dan lamanya perendaman sangat mempengaruhi rasa yang akan di hasilkan. Semakinlama ikan direndam menggunakan larutan garam maka kadar keasinannya akan bertambah. Jika membuat ikan asin dalam kondisi tidak ada sinar matahari sebenarnya bisa dengan oven untuk menggantikan fungsi sinar matahari yang akan membuat ikan menjadi kering namun mengeringkan ikan asin dengan sinar matahari dopercaya bisa menjadikan cita rasa yang semakin nikmat. 

Seperti itulah cara pembuatan ikan asin. Ikan asin sangat cocok sebagai lauk untuk sarapan. Biasanya disajikan dengan nasi urap.nasi megono dan lebih mantap lagi disajikan bersamaan sambal terasi. Demikian cara membuat ikan asin semoga bisa bermanfaat buat anda dan bisa anda gunakan sebagai referensi dalam percobaan anda.

Artikel Terkait