Cara Membuat Mie Sendiri Yang Sehat Dan Bergizi


Siapa yang tak kenal mie? Saya yakin pasti anda tau dan pernah memakanya bahkan mungkin sering. Mie memang sudah menjadi makanan yang sangat popular terutama dikawasan Asia termasuk Indonesia.  Cara penyajian yang mudah dan mudah didapatkan membuat mie banyak digemari banyak orang. 

Namun sayangnya makanan ini tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering, terutama mie instan karena kebanyakan mie instan yang dijajakan dipasaran banyak mengandung bahan pengawet. Bagi anda yang gemar makan mie tetapi inigin terhindar dari bahan pengawet yang terkandung dalam mie instan, anda dapat membuat sendiri.  Anda pasti mengira membuat mie sendiri itu sulit, padahal sebenarnya tidak.
cara membuat mie sendiri


Coba anda simak tips dan cara membuat mie sendiri berikut ini.
Bahan-bahan:
  • Tepung Terigu Protein Tinggi 700gram
  • Telur Ayam 2 butir
  • Garam ½  sdt
  • Minyak Canola 2 sdt
  • Susu cair 3 sdm
  • Air Secukupnya

  1. Campurkan telur, minyak canola, susu cair dan garam kedalam baskom
  2. Kocok bahan-bahan tersebut sambil ditambahkan 400gram tepung trigung.
  3. Kocok terus, hingga adonan menggumpal
  4. Setelah adonan menggumpal, uleni dengan menggunakan tangan sampai kalis sambil ditambahkan tepung.
  5. Jika adonan telah kalis sempurna, letakan adonan ditengah baskop lalu tutup dengan plastic warp atau kain yang telah dibasahi. Lalu diamkan sekitar 30-45 menit.
  6. Sambil menunggu siapkan tepung untuk taburan anti lengket. Taburi Penggilas, alas gilas dan pisau dengan tepung.
  7. Potong adonan menjadi 2 bagian untuk digilas.
  8. Gilas adonan secara bertahap sambil ditaburi tepung.
  9. Gilas terus adonan hingga tipis, usahakan dalam hasil gilasan pipih merata.
  10. Setelah adonan pipih merata, saatnya untuk memotong adonan. Anda dapat menggunakan alat pemotong mie untuk memotongnya, namun jika anda tidak memiliki alat pemotong mie, anda dapat menggunakan teknik gulung.
  11. Memotong adonan mie dengan teknik gulung adalah dengan membentuk adonan mie yang telah pipih tadi menjadi seperti dadar gulung, setelah itu potong tipis memanjang, lalu setelah itu urai hasil potongan anda.
  12. Setelah mie terpotong rebus mie sedikit demi sedikit dengan air mendidih.  Jangan langsung banyak agar mie tidak menggumpal.
  13. Tunggu sampai mie terapung, setelah terapung biarkan dulu selama 2 menit.
  14. Angkat mie menggunakan saringan kemudian siram dengan air minum.
  15. Tiriskan ditampat baskom atau piring, tambahkan minyak sayur secukupnya agar tidak lengket
  16. Mie siap diolah atau disimpan dalam lemari pendingin.

Bagaimana, cukup mudah bukan proses pembuatan mie ini? Dijamin mie buatan sendiri  akan terasa lebih kenyal disbanding dengan mie instan ataupun mie kering. Namun tidak hanya itu mie buatan sendiri tentunya akan lebih sehat dan bergizi karena tidak mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan anda dan keluarga anda. Anda tertarik untuk mencobanya dirumah?

Sekian tips dan cara membuat mie sendiri yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat buat anda semua dan selamat mencoba dirumah.

Artikel Terkait