Resep dan Cara Membuat Kue Donat Empuk


Loading...

Mungkin kue donat sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, buat yang belum tahu pengertian asli donat coba simak. Donat adalah sebuah makanan ringan yang terbuat dari bahan baku tepung, mentega, dan gula. Cara membuat kue donat sederhana yaitu cukup dengan menggorengnya kemudian diberikan bahan tambahan berupa taburan gula halus, meses, krim lembut, dan masih banyak lagi yang lainnya sebagai hiasan serta perasa tambahan.

Kue donat biasanya berbentuk bulat dan tengahnya terdapat lubang bentuknya menyerupai cincin (lingkaran) yang menjadi ciri khas tersendiri dari makanan ringan ini. Sekarang ini kue donat sudah banyak sekali inovasinya dan sudah banyak tersedia baik itu di toko-toko roti ataupun outlet-outlet yang spesial menjajakan kue donat, dari harga yang murah sampai yang mahal.

Kue donat sangat digemari oleh anak-anak, dimana hal ini disebabkan karena kue donat bisa disajikan dengan coklat, meses ataupun selai-selai lainnya yang bisa menarik anak kecil. Nah buat kalian yang ingin mencoba membuat kue donat sendiri disini akan membahas mengenai cara membuat kue donat yang empuk dan pastinya sehat.

cara membuat kue donat

Bahan Membuat Kue Donat :
  • 500 gr tepung terigu
  • 50 gr susu bubuk full krim
  • 11 gr ragi instant
  • 100 gr gula halus
  • 75 gr mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin (es)

Untuk topingnya anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti selai, gula bubuk dan lain sebagainya sesuai dengan selera.

Cara Membuat Kue Donat Empuk dan Menarik
  1. Buat adonan dari beberapa bahan yang dijadikan satu yaitu tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, dan gula. Campurkan semua bahan tersebut kemudian diaduk hingga rata.
  2. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan air dingin dan kuning telur. Lalu uleni adonan tersebut sampai kalis.
  3. Apabila sudah kalis (dapat dikepal), tambahkan garam dan mentega kemudian uleni kembali sampai kalis. Setelah itu diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit.
  4. Adonan siap untuk dibentuk bulatan-bulatan kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai mengembang.
  5. Jika adonan sudah mengembang, berikan lubang pada bagian tengahnya cukup dengan menggunakan jari telunjuk. Lubangi adonan hingga berbentuk menyerupai cincin.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api ukuran sedang. Goreng adonan kue donat yang sudah mengembang sampai matang, jangan lupa untuk membalikan agar matang dan warnanya rata,  lalu tiriskan.
  7. Tambahkan toping sesuai dengan selera.
  8. Sajikan dengan hiasan yang cantik agar menggugah selera orang yang melihatnya.

Itulah cara membuat kue donat yang empuk, perlu Anda diperhatikan bahwa donat yang empuk akan membuat ketagihan orang yang memakannya. Adonan donat yang tidak mengembang akan mengakibatkan banyak menyerap minyak sehingga menjadikan hasil kue donat yang berminyak.

Pada saat anda mencoba sebaiknya anda sudah mempersiapkan semua bahan dan peralatan yang digunakan untuk membuat donat. Jika percobaan sekali gagal jangan pernah berhenti untuk mencoba kembali sampai benar-benar jadi.

Jangan lupa sajikan kue donat dengan menggunakan selai atau pun coklat agar donat terlihat menarik dan menggugah selera kepada setiap orang yang melihatnya dan untuk merasakan nikmatnya kue donat bikinan anda. Semoga cara membuat kue donat diatas bisa jadikan referensi, selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil terbaik.

Artikel Terkait