Menu Buka Puasa Hari Ke 20 : Serabi Solo


Anda semua tentu sudah tidak asing dengan menu masakan yang satu ini, yaitu menu makanan serabi solo. Serabi solo adalah masakan khas masyarakat Solo. Masakan ini memiliki rasa khas manis gurih. Serabi Solo sangat cocok dijadikan menu buka puasa hari ini. Bila anda belum memiliki pandangan menu buka puasa hari ini, anda bisa langsung membuat serabi solo tersebut untuk sore nanti.
Serabi Solo sangat pas disajikan untuk menu buka puasa hari ini sebab makanan ini memiliki rasa yang manis dan guruh, rasa ini sangat cocok untuk buka puasa.

menu buka puasa serabi solo


Untuk mendapatkannya anda bisa membeli diwarung-warung. Biasanya pada saat bulan Ramadhan penjual serabi ini sudah siap membuat serabi dari sejak siang. Namun anda juga bisa membuatnya sendiri. Sudahkah anda tahu cara membuat menu masakan serabi solo?Penulis yakin sebagian diantara anda pasti sudah ada yang tahu bagaimana cara membuat serabi solo. Jika belum anda jangan khawatir dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan bagaimana cara membuat serabi solo ini.

Serabi Solo untuk menu buka puasa hari ini dan cara membuatnya

Sebagaimana dikatakan diawal tulisan ini bahwa membuat serabi solo cukup mudah. Bahan-bahannya pun sangat simpel dan mudah ditemukan. Demikianlah cara membuat serabi solo untuk disajikan menu buka puasa hari ini.

Bahan-bahan yang harus disediakan untuk membuat serabi solo:
  • Gula pasir secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • Tepung beras secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • Santan yang kental secukupnya
  • Baking soda yeast atau bisa juga fermipan secukupnya
  • Daun pandan secukupnya untuk pewangi secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat serabi solo:
  1. Panaskan santan dan daun pandan di dalam wadah yang sudah disediakan. Aduk hingga merata dan sampai keadaan mendidih. Kemudian didiamkan adukan tersebut hingga santan menjadi hangat.
  2. Selanjutnya ambillah kira-kira 50 ml santan yang terletak di bagian atas untuk areh. Kemudian campurkan air santan itu dengan bahan-bahan yang kering dan aduklah hingga merata.
  3. Aduk kembali adonan tersebut dengan air santan kurang lebih 300 ml (sisa yang air santan) secara bertahap dan sedikit demi sedikit.
  4. Campurkan adonan tersebut lalu dikeplok-keplok hingga menjadi lebih licin. Setelah dianggap sudah licin kemudian didiamkan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan tampak berbusa.
  5. Siapkan cetakan serabi dan panaskan dengan api berukuran sedang
  6. Aduk-aduk adonan yang sudah dibuat tadi kemudian dituangkan ke dalam cetakan serabi sebanyak satu sendok dalam keadaan panas.
  7. Ratakan pinggiran serabi dengan memakai punggung sendok. Dan tunggu hingga sampai permukaan serabi berlubang-lubang.
  8. Setelah tampak berlubang permukaan serabi kemudian tuangkan 1 sdt santan areh dan bahan taburan pelengkap lainnya.
  9. Tutup dan tunggu sampai matang.
  10. Setelah matang sajikan serabi di atas daun pisang untuk menciptakan aroma segar dan khas.

Demikian cara membuat serabi solo. Anda bisa mencobanya setelah mengetahui resep membuatnya.

Artikel Terkait