Cara Membuat Batagor Biasa Tanpa Ikan


Loading...

Salah satu jajanan khas indonesia yang berasal dari kota bandung adalah batagor. Jajanan lezat ini di aplikasikan dengan tahu bakso yang di goreng dan di santap dengan siraman saus kacang. Rasa gurih yang tak tertahankan ini membuat para penggemarnya ingin mencari tahu bagaimana cara membuat batagor. Pada dasarnya batagor memang di buat dengan bahan ikan namun di daerah tertentu ada yang tidak menggunakan ikan. Ada yang mengganti ikan dengan ebi atau udang kecil yang rasanya tetap saja nikmat. Cara membuat batagor biasa tanpa ikan dapat di lakukan dengan sangat mudah yaitu dengan menggunakan bahan bahan sederhana serta cara pembuatannya pun juga tidak rumit. Bagi anda yang ingin berkreasi membuat batagor sendiri di rumah maka langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Batagor Biasa Tanpa Ikan

Bahan Bahan Batagor

  • Tepung sagu 125 gram
  • Tepung terigu 125 gram
  • Tahu putih 5 buah di rebus dengan garam
  • Daun bawang di iris tipis secukupnya
  • Bawang putih 2 siung
  • Garam secukupnya
  • Ebi 1 sendok teh
  • Merica secukupnya

Proses Pembuatan Batagor

Setelah menyiapkan seluruh bahan yang di butuhkan pada Cara membuat batagor biasa tanpa ikan kali ini, maka anda dapat menghaluskan bawang putih yang di campur dengan merica dan garam. Jika sudah maka masukkan tepung terigu dan tepung sagu menjadi satu dengan bumbu yang telah di haluskan. Setelah itu tuang air secukupnya ke dalam adonan dan ratakan lalu tambahkan irisan daun bawang kemudian aduk lagi hingga merata. Adonan di uleni hingga kalis kemudian potong tahu menjadi dua bagian dan ambil sedikit bagian tengahnya untuk meletakkan adonan ke dalam tahu. Jika sudah maka adonan dapat di goreng dengan menggunakan api sedang lalu tunggu hingga matang. Jika sudah matang maka sisihkan dalam wadah.
Baca juga : Cara Membuat Batagor Nikmat
Jika Cara membuat batagor biasa tanpa ikan sudah di lakukan dengan benar maka berikutnya membuat saus kacangnya. Caranya dengan menggoreng semua bahan bumbu kacang seperti kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai keriting merah dan terasi udang. Jika sudah matang maka bahan tersebut dapat di haluskan dan tuangkan air secukupnya. Masak bumbu kacang dengan panci hingga mengental kemudian tambahkan dengan garam dan gula jawa tunggu sampai matang kemudian siram di atas batagor. Setelah itu proses pembuatan batagor tanpa ikan selesai dan batagor dapat langsung di santap.

Artikel Terkait