Resep Membuat Kue Kering Macaroon Rasa Strawberry


Loading...

Selain kue rainbow cake, kue macaroons juga menjadi salah satu kue yang sedang booming saat ini dikalangan masyarakat. Kue macaroons ini sebenarnya terlihat seperti cookies yang rasanya enak dan memiliki warna – warni yang unik dan menarik. Rasa dari kue macaroons ini pun beragam mulai dari strawberry, lemon, coklat, pisang, blueberry atau raspberry.

Nama kue macaroons ini diambil dari kata “maccherone” yang mempunyai arti fine dough atau adonan yang lembut. Kue ini sangat mahal jika di jual di indonesia, kue ini merupakan makanan tradisional dari Paris Perancis.


Bahan yang menjadi dasar pembuatan kue ini adalah putih telur dan juga pasta almond. Jadi tak heran jika kue ini sangat nikmat sehingga banyak diburu orang. Untuk sobat yang ingin membuat kue ini dirumah, berikut Resep Membuat Kue Kering Macaroon Rasa Strawberry yang nikmat dan mudah.

Bahan – bahan Kue Macaroons:
  • 100 gr putih telur
  • 50 gr bubuk almond, ayak
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 400 gr icing sugar
  • ¼ sendok teh garam halus
  • ½ sendok teh pasta stowberry / pewarna merah muda

Bahan untuk Isi Kue:
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 4 sendok makan gula halus
  • 1 butir putih telur

Cara Membuat Kue Macaroons Rasa Strawberry:
  1. Siapkan mangkuk dan mixer putih telur dengan icing sugar, tambahkan garam halus. Mixer hingga mengembang dan kaku.
  2. Masukkan tepung maizena, bubuk almond dan pasta strawberry kedalam adonan putih telur, aduk sebentar hingga adonan tercampur rata.
  3. Siapkan loyang kue yang telah diolesi dengan margarin. Kemudian masukkan adonan macaroons ke dalam piping bag / plastik corong segi tiga dan gunting bagian ujung plastiknya.
  4. Bentuk adonan diatas loyang hingga membentuk bulatan. Dan diamkan di dalam suhu ruangan selama 1 jam hingga adonan melebar.
  5. Oven adonan dalam suhu 160 derajat celcius selama 15 menit.
  6. Setelah 15 menit berlalu, buka pintu oven dan biarkan selama 3 menit. Kemudian panggang kembali dengan menggunakan temperature 130 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue benar – benar matang dan kering. Angkat.
  7. Diamkan adonan hingga dingin. Setelah itu keluarkan kue dari cetakan. Ambil satu kue macaroons lalu olesi dengan bahan isi dan kemudian tutup dengan macaroons lain.
  8. Sajikan dan tempatkan kue macaroons di dalam toples kedap udara.

 Cara Membuat Isi Macaroons:
  • Kocok putih telur, gula halus dan air jeruk nipis hingga semua bahan tercampur rata dan berwarna putih. Sisihkan, isi siap digunakan untuk 20 buah.

Tips Resep Membuat Kue Kering Macaroon Rasa Strawberry yang Bagus dan Berhasil
  1. Jangan menggunakan gula halus, dan anda dapat menggantinya dengan icing sugar yang dapat anda beli di toko bahan kue. Penggunaan gula halus akan menghasilkan macaroons yang berwarna kusam dan bertekstur kasar.
  2. Pastikan mixer dan mangkuk dalam keadaan kering, karena jika dalam mangkuk atau mixer terdapat air akan menghasilkan kocokan yang tidak mengembang dengan baik.
  3. Jangan melakukan pemanggangan / oven dalam suhu terlalu panas atau diatas 200 derajat karena akan menyebapkan permukaan kue menjadi retak namun bagian dalamnya masih lembap.
  4. Isi kue macaroons bisa diganti sesuai dengan keinginan dan selera.

Gimana, udah kebayang kan bagaimana rasa nikmat kue kering macaroons rasa strawberry ini? Salamat mencoba Resep Membuat Kue Kering Macaroon Rasa Strawberry dirumah. Semoga hasilnya memuaskan.

Artikel Terkait