Resep Sambal Matah Super Mantab Khas Bali


Loading...

Dari sekian banyak ragam kuliner Indonesia, pastinya memiliki masakan sambal yang masing masing mempunyai ciri khas tersendiri. Termasuk di dalamnya makanan dari Bali.

Olahan masakan yang satu ini merupakan makanan khas bali yang termasuk jenis sambal dadakan dan terbuat dari bumbu Bali.

Rasa sambal yang pedas ini perpaduan antara cabai rawit merah dan juga cabe hijau, biasanya sambal ini dijadikan sebagai bumbu pelengkap makan ikan bakar, ayam bakar, sate lilit, maupun bebek bengil.

Hanya dengan potongan bawang, terasi, cabai serta dicampur dengan siraman air jeruk nipis, membuat sambal ini terlihat praktis dan mempunyai cita rasa pedas yang sangat khas.

Resep Sambal Matah Super Mantab Khas Bali

Ada yang bingung dengan cara pembuatan resep sambal matah super mantab ini? Jangan bingung.. sebenarnya semua resep sambal matah super mantab itu menggunakan bahan bahan yang sama dengan sambal lainnya.

Yaa.. mungkin terdapat satu dan dua bahan saja yang berbeda karena selera orang kan berbeda-beda. Jadi mereka menambahkannya sebagai bahan pelengkap.

Bahan-bahan Sambal Matah Super Mantab:
  • 5 butir bawang merah, diiris halus atau dirajang
  • 1 siung bawang putih, diiris halus atau dirajang
  • 8 buah cabai rawit merah, diiris halus atau dirajang boleh campur cabe ijo
  • 1 lembar daun jeruk, diiris halus
  • 1 buah kecombrang (pilihan) atau dirajang
  • 1 batang serai, bagian putihnya saja, diiris halus atau dirajang
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ¼ sendok makan air jeruk nipis
  • ¼ sendok teh terasi bakar
  • 1 ½ sendok makan minyak kelapa asli, dipanaskan

Cara Mengolah Resep Sambal Matah Super Mantab:
  1. Masukkan bumbu-bumbu. Aduk rata bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, dan jeruk nipis sambil diremas-remas pakai tangan bersih.
  2. Tambahkan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Aduk hingga rata.
  3. Sajikan sambal matah bumbu bali untuk 2 porsi dengan ayam bakar, sate lilit, maupun ikan bakar.

Sebenarnya terdapat keistimewaan dalam sambal matah ini, ada yang tahu? Yap, betul sekali dalam resep sambal matah super mantab khas bali ini memiliki cita rasa unik. Yakni adanya perpaduan antara rasa pedas, rasa asin dan juga rasa manis.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Bumbu Masak yang lainnya
Oleh karena itu tak sedikit orang yang menyukai masakan ini. Bahkan para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Nah, jangan mau ketinggalan dengan wisatawan. Buruan coba sambal ini. Tantang nyali mu jika berani tambahkan porsi cabai nya.

Itupun bagi kalian pecinta pedas ya, jangan asal asalan mencoba. Sebab rasa pedas yang berlebihan dapat menyebabkan mules bahkan rasa terbakar pada mulut.

Sekian dulu ya info mengenai cara pengolahan sambal matah khas Bali. Semoga yang saya sampaikan lewat artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Artikel Terkait