Menu Buka Puasa yang Baik dan Benar


Berpuasa merupakan kewajiban seluruh umat Islam pada bulan Ramadhan tanpa terkecuali, selama 1 bulan penuh kita dituntut untuk mampu menahan hawa nafsu, termasuk makan, dan minum. Untuk bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik harus diimbangi dengan kondisi tubuh yang prima, oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kestabilan tubuh terutama pada waktu berpuasa. Pemilihan menu buka puasa tentu menjadi perhatian penting karena seharian tubuh kita tidak menerima asupan nutrisi, untuk itulah penting bagi kita terutama anda sebagai ibu rumah tangga memilih menu berbuka puasa yang baik dan benar.

Tak jarang dari kita yang ketika berbuka langsung memakan aneka jenis makanan dengan lahapnya, namun hal semacam ini tentulah tidak dianjurkan, karena pada waktu berpuasa produksi enzim yang berguna untuk metabolisme tubuh cenderung berkurang, untuk itulah penting bagi kita mengontrol konsumsi makanan pada waktu sahur dan berbuka, selain itu juga penting bagi kita untuk mengatur pola makan dengan benar, salah satunya dengan pemilihan menu buka puasa.

Bagaimana Memilih Menu Makanan untuk Buka Puasa yang Baik dan Benar?

Seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan sangat baik bagi kesehatan adalah berbuka dengan 1 gelas air putih dan 3 butir kurma. Buah kurma bisa menambah energi anda setelah seharian berpuasa dan tidak akan menaikkan kadar gula dalam tubuh. Selain kurma anda juga bisa menggantinya dengan kolak,, atau kudapan manis favorit anda, baru dilanjutkan dengan makanan yang lebih berat.

menu buka puasa

Memilih Menu yang Tepat untuk Buka Puasa

Pemilihan menu buka puasa harus tetap memperhatikan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat, dan lain-lain. Namun karena seseorang memiliki batas porsi makan, tentu kita tidak bisa mengkonsumsi semua makanan yang diperlukan oleh tubuh sekaligus, sedangkan kebutuhan gizi tetaplah harus tercukupi solusi terbaik adalah dengan mengganti menu buka puasa setiap harinya dengan porsi seimbang, selain itu juga harus lebih banyak mengkonsumsi air putih agar tidak mengalami dehidrasi, serta buah dan sayur.

Artikel Terkait