Puding Labu Sebagai Makanan Pembuka Saat Buka Puasa


Loading...

Makanan buka puasa yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia saat berbuka adalah gorengan, aneka jenis gorengan diperjualbelikan sebagai takjil saat bulan Ramadhan. Memakan gorengan sangat tidak dianjurkan saat berbuka puasa, karena makanan sehat tidak dianjurkan untuk digoreng, apalagi menggunakan minyak yang sudah dipakai berulang kali, tentu akan mengganggu kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus, alangkah baiknya kita mengganti gorengan dengan puding yang kaya nutrisi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Salah satu buah kaya nutrisi dan mengandung gula alami adalah labu kuning, buah ini juga sangat cocok digunakan sebagai bahan campuran puding. Untuk membuat makanan buka puasa yang sehat cukup sederhana jika kita mengetahui resepnya dengan benar.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 500gram buah labu kuning (kukus dan haluskan)
  • 1 bungkus agar-agar putih tanpa rasa
  • 200gram gula merah (serut hingga halus)
  • Gula pasir secukupnya
  • 400ml santan
  • 1 sendok teh Pasta pandan
  • 1 sendok teh vanili
makanan buka puasa


Cara membuat puding labu
  1. Rebus gula merah dan air hingga mendidih, saring.
  2. Campur agar-agar dan gula putih aduk hingga merata, lalu tambahkan santan dan air gula yang sudah disaring, serta masukkan vanili dan pasta pandan. Rebus dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga mendidih.
  3. Tuang adonan ke dalam wadah atau cetakan yang diinginkan, biarkan dingin dan simpan dalam lemari es. Anda juga bisa menambahkan fla di atas puding untuk mempercantik makanan buka puasa anda.

Jika anda ingin membuat layer pada puding, maka sebelum direbus anda bisa membagi adonan menjadi 2 bagian, dan salah satunya dicampur dengan pasta pandan, sedang yang satunya dimasak tanpa pasta pandan, untuk proses pembuatannya sama. Dan sajian pembuka untuk berbuka puasa anda telah siap untuk dihidangkan.

Menambahkan puding dalam daftar makanan buka puasa di meja makan tentu pilihan yang tepat bukan? Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut pas untuk mengawali buka puasa anda.

Artikel Terkait